AWAS MARAKNYA KASUS HIJACKING DI TENGAH PANDEMIK COVID-19

watch_later Rabu, 30 September 2020

Assalamualaikum dan salam sejahtera untuk kita semua. Semoga para pembaca diberi slalu kesehatan dan rezeki yang berlimpah. Dan selamat datang di Blog NightKidz. Sesuai judul diatas kita harus waspada karena hal – hal seperti itu bisa merugikan semua orang. Contoh seperti kasus Minta pulsa atau transfer uang dan lain – lain. Baik marik kita masuk ke topic pembahasan.



Gambar 1.1
PENGERTIAN HIJACKING
Sekarang kami akan menjelaskan tentang pengertian dari Hijacking itu sendiri, seperti yang sudah di bahas sebelumnya Hijacking (pembajakan) adalah salah satu jenis cybercrime yang cara kerjanya dengan melakukan pembajakan pada hasil karya orang lain biasanya dilakukan dengan meniru cookies user lain agar dapat mengendalikan aktifitas user tersebut.
Pengertian lainnya tentang hijacking adalah suatu kegiatan yang berusaha untuk memasuki (menyelinap) ke dalam sistem melalui sistem operasional lainnya yang dijalankan oleh seseorang (pelaku). Sistem ini dapat berupa server, jaringan/networking LAN/MAN situs web, software atau bahkan kombinasi dari beberapa sistem tersebut. Namun perbedaanya adalah Hijacker menggunakan bantuan software atau server robot untuk melakukan aksinya.



Gambar 1.2

TUJUAN HIJACKING
Tujuanya adalah sama dengan para cracker namun para hijacker melakukan lebih dari para cracker, selain mengambil data dan informasi pendukung lain, tidak jarang sistem yang dituju juga diambil alih, atau bahkan dirusak.

BAGAIMANA UNTUK MENGATASINYA?
Untuk yang masih awam di dunia underground setidaknya banyak – banyak membaca artikel tentang keamanan cyber untuk memproteksi diri anda atau keluarga anda dari ancaman – ancaman dunia maya.
Baik, untuk cara mengatasinya ada beberapa cara:
      Jika anda pengguna whatsapp di Andrioid, IOS dan Whatasapp Web hati – hati dalam menerima pesan, biasanya pelaku akan melihat – lihat tingkah laku target sebelum melakukan HIJACKING ATTACK agar bisa menyerupai seperti korban untuk tahap selanjutnya. Nah disini anda harus bisa membedakan mana pesan permintaan OTP dari pihak Whatsapp. Jika ada seseorang yang mencoba untuk meminta kode OTP apapun itu jenisnya harap tidak melanjutkan karena sangat beresiko kecuali jika anda sendiri yang memintanya. Dan jangan lupa mengaktifkan bagaimana caranya?
Berikut cara mengaktifkan PIN pada Whatsapp:
 
1.       Buka WhatsApp dari laci aplikasi atau layar beranda.
2.       Pilih menu action overflow (tiga titik vertikal di sudut kanan atas).
3.       Tekan Pengaturan.
4.       Ketuk Akun.
5.       Pilih verifikasi dua langkah.
6.       Tekan Aktifkan untuk mengatur PIN.
7.       Masukkan PIN enam digit Anda.
8.       Tambahkan alamat email yang akan digunakan untuk mengatur ulang PIN Anda jika Anda lupa.
9.       Konfirmasikan alamat email Anda dan tekan Selesai untuk menyelesaikan.

Refrensi:
https://www.netsparker.com/blog/web-security/session-hijacking/
https://www.researchgate.net/figure/The-process-of-the-data-hijacking-attack_fig2_319488594


SEKIAN DAN TERIMA KASIH BE SAFE
security is an illusion






sentiment_satisfied Emoticon